Blogging Fusion » Blog Details for D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet

We are listed with SEJ as a top resource for bloggers and SEO experts alike!




Follow Us


Available Upgrade Detected
If you are the owner of D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet, or someone who enjoys this blog why not upgrade it to a Featured Listing or Permanent Listing?.

UPGRADE

SHARE THIS PAGE ON:
Blog Details
Blog Directory ID: 35753 Get VIP Status?
: Report Blog Listing This is a free listing which requires a link back!
Google Pagerank: 1
Blog Description:

Website ini menyediakan beragam Tutorial Komputer dan Internet yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalam mencari informasi mengenai permasalahan seputar teknologi.
Blog Added: April 11, 2018 07:20:32 AM
Audience Rating: General Audience
Blog Platform: WordPress
Blog Country: Indonesia   Indonesia
Blog Stats
Total Visits: 904
Blog Rating: 0.00
Add the ReviewMe Button Or SEO Rank to your Blog!
Review D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet at Blogging Fusion Blog Directory
My Blogging Fusion Score

Featured Resources

Example Ad for D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet

This what your D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet Blog Ad will look like to visitors! Of course you will want to use keywords and ad targeting to get the most out of your ad campaign! So purchase an ad space today before there all gone!

https://www.bloggingfusion.com
notice: Total Ad Spaces Available: (2) ad spaces remaining of (2)

Advertise in this blog listing?

Blog specific ad placement
Customize the title link
Place a detailed description
It appears here within the content
Approved within 24 hours!
100% Satisfaction
If not completely satisfied, you'll receive 3 months absolutely free;
No questions asked!
Buy Now!
Alexa Web Ranking: 3,708,033

Alexa Ranking - D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet
Subscribe to D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet
Subscribe Now!
Cara Mengkloning 5 Aplikasi Whatsapp Dalam 1 Android

DhikaDwiPradya.com – Persaingan dalam dunia bisnis pada jaman sekarang ini sangat tidak bisa dipisahkan dari dunia digital. Karena memang saat ini adalah dimana era digital sedang berkembang. Jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi untuk meraih pasar dalam bisnis, niscaya kita akan tertinggal jauh di belakang oleh para kompetitor bisnis kita. Bagi anda yang memang...

DhikaDwiPradya.com – Persaingan dalam dunia bisnis pada jaman sekarang ini sangat tidak bisa dipisahkan dari dunia digital. Karena memang saat ini adalah dimana era digital sedang berkembang. Jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi untuk meraih pasar dalam bisnis, niscaya kita akan tertinggal jauh di belakang oleh para kompetitor bisnis kita.



Bagi anda yang memang bergelut dalam dunia bisnis, tetunya kehadiran beragam aplikasi media sosial akan sangat membantu dalam proses pemasaran dan pengembangan bisnis. Salah satu yang menjadi sorotan dalam pembahasan kita disini adalah aplikasi Whatsapp Messenger. Baru-baru ini banyak sekali beredar beragam video maupun artikel tentang tutorial cara install dua atau tiga aplikasi whatsapp dalam satu ponsel android, yang mana cara tersebut akan mempermudah pemakaian aplikasi tanpa harus menggunakan banyak ponsel.


BACA JUGA


Lantas bagaimana jika kita mempunyai 5 nomor ponsel yang masing-masingnya membutuhkan pengkoneksian pada akun whatsapp? Pada artikel kali ini dibahas tentang cara install 5 aplikasi Whatsapp pada 1 ponsel android. Yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Untuk langkah pertama, silahkan anda install terlebih dahulu aplikasi Whatsapp Messenger dan Whatsapp Business pada smartphone android anda. Berikut link download nya:

Whatsapp Messenger

Whatsapp Business

  • Setelah anda install kedua aplikasi tersebut, maka 2 buah aplikasi whatsapp telah anda miliki.
  • Berikutnya, buka pengaturan smartphone Pilih aplikasi setelan lanjutan, kemudian klik Twin Apps (Beberapa smartphone ada yang belum mempunyai fitur ini, dan disini saya menggunakan ponsel Asus Zenfone 3 ZE520KL dengan sistem operasi Android 8.0).

Klik untuk memperbesar

 

  • Aktifkan Twin Apps untuk aplikasi Whatsapp dengan cara menggeser tombol navigasi pengaktifan aplikasi. Perhatikan gambar berikut.

Klik untuk memperbesar

 

  • Setelah anda mengaktifkan Twin Apps untuk aplikasi Whatsapp, silahkan buka navigasi menu pada ponsel anda untuk melihat ikon aplikasi Whatsapp yang telah muncul. Kini anda pun sudah mempunyai 3 buah aplikasi Whatsapp.
  • Untuk instalasi whatsapp ke-4 dan ke-5, anda membutuhkan aplikasi pengganda akun medsos yang bernama Parallel Space. Silahkan anda install terlebih dahulu aplikasi tersebut. Berikut link download nya:




  • Selanjutnya jalankan aplikasi Parallel Space yang telah anda download tadi, kemudian klik tanda plus untuk menambahkan aplikasi.

Klik untuk memperbesar

 

  • Cari kedua aplikasi yang akan diduplikasi, yaitu Whatsapp Messenger dan Whatsapp Business, lalu klik tanda ceklis hingga ia berubah menjadi warna biru, kemudian klik tombol “Tambahkan ke Parallel Space”.

Klik untuk memperbesar

 

  • Pada bagian halaman utama parallel space kini sudah ada 2 aplikasi Whatsapp yang sudah anda tambahkan.

Klik untuk memperbesar

 

  • Selanjutnya klik dan tahan kemudian geser ke arah tulisan “Buat Pemintas” di bagian atas agar aplikasinya muncul pada desktop layar android anda. Lakukan kembali poin ini pada aplikasi kedua.

Klik untuk memperbesar

 

  • Klik Tambahkan otomatis.

Klik untuk memperbesar

 

  • Kini anda sudah mempunyai 5 aplikasi Whatsapp dalam 1 ponsel android yang dapat anda manfaatkan sesuai kebutuhan anda.

Klik untuk memperbesar

 

Demikianlah tutorial selengkapnya tentang Cara Mengkloning 5 Aplikasi Whatsapp Dalam 1 Android. Semoga trik di atas dapat anda lakukan dengan mudah dan semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda dan bagi para pengunjung situs dhikadwipradya.com.



Baca artikel menarik lainnya:



Cara Menyembunyikan Status Dibaca pada Pesan Whatsapp

DhikaDwiPradya.com – Ada sebuah fitur menarik yang dikembangkan pada aplikasi media sosial terbesar di dunia yang bernama Whatsapp, yaitu sebuah notifikasi khusus berbentuk tanda ceklis, yang mana dengan tanda ceklis ini dapat diketahui bahwa pesan yang kita kirimkan kepada sebuah kontak itu telah terkirim atau belum dan juga telah dibaca atau belum. Tentunya bagi...

DhikaDwiPradya.com – Ada sebuah fitur menarik yang dikembangkan pada aplikasi media sosial terbesar di dunia yang bernama Whatsapp, yaitu sebuah notifikasi khusus berbentuk tanda ceklis, yang mana dengan tanda ceklis ini dapat diketahui bahwa pesan yang kita kirimkan kepada sebuah kontak itu telah terkirim atau belum dan juga telah dibaca atau belum.



Tentunya bagi sebagian orang, fitur tersebut akan sangat berguna sekali pada saat mengirim pesan penting kepada seseorang, kemudian pesan tersebut telah sampai dan dibaca olehnya. Akan tetapi bagi sebagian orang yang lainnya, adanya fitur notifikasi pesan dibaca tersebut bisa jadi sedikit mengganggu privasinya karena tidak ingin ada orang lain tahu bahwa ia sudah membaca pesannya yang nantinya merasa tidak enak jika pesannya tidak dibalas.


BACA JUGA


Ada tiga jenis tanda ceklis untuk notifikasi ini, diantaranya adalah:

  1. Ceklis satu berwarna abu-abu : yang berarti bahwa pesan anda sudah terkirim, hanya kondisi si penerima pesan sedang tidak online.
  2. Ceklis dua berwarna abu-abu : artinya bahwa pesan anda sudah terkirim dan si penerima pun dalam keadaan online, hanya saja pesan anda belum dibaca olehnya.
  3. Ceklis dua berwarna biru terang : yang artinya bahwa pesan anda sudah terkirim dan sudah dibaca oleh si penerima.




Sebetulnya notifikasi pesan dibaca tersebut dapat dinonaktifkan dengan mudah melalui pengaturan bawaan whatsapp. Bagi anda yang ingin menonaktifkan fitur notifikasi tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, buka aplikasi whatsapp, kemudian klik tanda titik tiga di pojok kanan atas.

Klik untuk memperbesar

 

  • Kemudian pilih Setelan.

Klik untuk memperbesar

 

  • Pada jendela Setelan, pilih Akun.

Klik untuk memperbesar

 

  • Selanjutnya pilih Privasi.

Klik untuk memperbesar

 

  • Di bagian bawah jendela Privasi terdapat pilihan Laporan dibaca. Hilangkan tanda ceklis pada pilihan tersebut. Maka seketika itu juga anda pun telah menonaktifkan notifikasi atau laporan dibaca pada whatsapp anda.

Klik untuk memperbesar

 

Kini anda sudah tidak perlu ragu-ragu lagi membaca pesan-pesan yang masuk, karena si pengirim tidak akan tahu bahwa anda sudah baca pesannya atau belum. Dan pengaturan ini juga berfungsi untuk melihat status whatsapp orang lain tanpa diketahuinya bahwa kita sudah melihat statusnya. Hanya ada satu hal yang harus diketahui, bahwa penonaktifan notifikasi pesan dibaca ini secara otomatis membuat anda tidak bisa melihat apakah pesan yang anda kirim tersebut sudah dibaca atau belum, dan begitupun anda juga tidak dapat melihat status yang anda update pada whatsapp sudah dibaca oleh siapa saja. Jadi intinya, jika anda menonaktifkan fitur laporan dibaca, maka anda pun mendapat hal sama.

Demikian tutorial Cara Menyembunyikan Status Dibaca pada Pesan Whatsapp. Selalu hiasi hari anda dengan tak henti-hentinya menambah ilmu dan wawasan baru dalam berbagai bidang. Seseorang yang mempunyai pengetahuan lebih, ketika ia hidup dimanapun maka ia akan tetap hidup.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Baca artikel menarik lainnya:



Cara Melihat CCTV Online di Laptop

DhikaDwiPradya.com – Artikel ini merupakan jawaban dari beberapa kendala yang ditemui para pengunjung blog saya pada saat mengikuti langkah-langkah yang ada pada artikel Cara Melihat CCTV Online Melalui Komputer. Diantaranya kendala yang umum ditemukan adalah sebagai berikut: Karakter password yang disediakan oleh software CMS hanya terbatas pada 6 karakter saja, sedangkan password beberapa DVR...

DhikaDwiPradya.com – Artikel ini merupakan jawaban dari beberapa kendala yang ditemui para pengunjung blog saya pada saat mengikuti langkah-langkah yang ada pada artikel Cara Melihat CCTV Online Melalui Komputer. Diantaranya kendala yang umum ditemukan adalah sebagai berikut:



  • Karakter password yang disediakan oleh software CMS hanya terbatas pada 6 karakter saja, sedangkan password beberapa DVR di set lebih dari 6 karakter, sehingga tidak bisa melakukan login CCTV pada aplikasi CMS tersebut.
  • Pada saat melakukan konfigurasi pengaturan IP/domain, port, username dan password CCTV, kemudian login, selalu menemui notifikasi bahwa login time out.
  • Dan permasalahan lainnya.

BACA JUGA


Setelah diamati lebih lanjut, ternyata situs resmi dari aplikasi CMS sudah tidak mengeluarkan pembaruan untuk aplikasi CMS tersebut dan tampilan antarmuka aplikasinya pun sangat berbeda dengan tampilan awal pada saat saya membuat artikel CCTV menggunakan aplikasi CMS. Maka dari itu, pada artikel ini dibahas cara lainnya untuk melihat CCTV online melalui komputer. Berikut ini adalah langkah-langkah detailnya:




  • Pertama, silahkan buka link berikut : https://www.xmeye.net/
  • Lakukan Register pertama kali dengan mengklik tombol Register pada pilihan ‘By User’.

Klik untuk memperbesar

 

  • Isilah keterangan lengkap dari beberapa kolom yang sudah disediakan. Setelah anda isi Username dan E-mail, klik tulisan “Send a verivication code to the mailbox”, kemudian cek kotak masuk pada email lalu copas code yang diberikan ke kolom Verivication code. Kemudian setelah isian semua lengkap, klik tombol OK.

Klik untuk memperbesar

 

  • Setelah anda melalukan registrasi, langkah selanjutnya silahkan login dengan memasukkan data Username dan Password yang sudah terdaftar, dan jangan lupa masukkan pula verify code pada kolom di bawahnya, kemudian klik tombol Login and Preview.

Klik untuk memperbesar

 

  • Selajutnya pilih menu Device Manage pada halaman user, lalu klik Add.

Klik untuk memperbesar

 

  • Setelah anda klik tombol Add, selanjutnya silahkan isi keterangan lengkap DVR CCTV anda pada kolom yang sudah disedaikan, kemudian klik tombol OK.

Klik untuk memperbesar

Untuk melihat SerialNo DVR CCTV anda, perhatikan cara berikut ini:

  1. Klik kanan pada layar monitor DVR CCTV menggunakan mouse (umumnya pada DVR pasti ada monitor dan mouse).
  2. Masukkan username dan password (Username standar DVR jika belum diubah adalah ‘admin’ sedangkan password cukup dikosongkan).
  3. Setelah login berhasil, selanjutnya pilih opsi Main MenuInfo Version.
  4. Setelah anda mengikut langkah nomor 3, maka anda dapat melihat tampilan properties DVR secara lengkap. Catat Serial Number DVR anda, kemudian masukkan pada kolom SerialNo di atas.

 

  • Device yang telah anda buat akan tampil pada halaman Device Manage. Selanjutnya klik menu My Device.

Klik untuk memperbesar

 

  • Klik Refresh State, kemudian klik dua kali pada device Jika muncul pilihan download plug-in, silahkan anda download lalu install plug-in tersebut, kemudian lakukan refresh state kembali.

Klik untuk memperbesar

 

  • Berikutnya akan muncul pilihan Video Stream yang ingin anda gunakan. Pilih saja Connect all video (Extra Stream), lalu klik OK.

Klik untuk memperbesar

 

  • Silahkan tunggu hingga gambar CCTV seluruhnya tampil pada layar laptop/komputer anda. Jika ada salah satu gambar yang belum tampil, lakukan penayangan manual. Perhatikan gambar di bawah ini.

Klik untuk memperbesar

 

  • Maka dalam beberapa saat, seluruh gambar CCTV pun berhasil tampil pada layar komputer anda.

Klik untuk memperbesar

 

Demikianlah tutorial Cara Melihat CCTV Online di Komputer yang dapat saya sajikan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi anda yang ingin memonitor CCTV langsung pada komputer pribadi.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Artikel Terkait:

Cara Melihat CCTV Online Melalui Komputer

dhikadwipradya.com

Selengkapnya

 

Cara Melihat CCTV Online Melalui HP Android

dhikadwipradya.com

Selengkapnya

 

Baca artikel menarik lainnya:



Cara Menonton Piala Dunia 2018 di Android

DhikaDwiPradya.com – Tahun 2018 ini merupakan tahun dimana banyak sekali orang-orang yang sangat antusias menyaksikan sebuah ajang bergengsi dunia yang bernama Fifa World Cup 2018. Ajang Piala Dunia tersebut memang sudah banyak dinantikan khususnya bagi para penggemar olahraga sepak bola maupun penikmat tayangan sepak bola. Tentunya seiring dengan perkembangan jaman, untuk dapat menonton acara...

DhikaDwiPradya.com – Tahun 2018 ini merupakan tahun dimana banyak sekali orang-orang yang sangat antusias menyaksikan sebuah ajang bergengsi dunia yang bernama Fifa World Cup 2018. Ajang Piala Dunia tersebut memang sudah banyak dinantikan khususnya bagi para penggemar olahraga sepak bola maupun penikmat tayangan sepak bola.

Tentunya seiring dengan perkembangan jaman, untuk dapat menonton acara World Cup / Piala Dunia tersebut kini menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Kita bisa melakukan streaming TV nasional di internet menggunakan laptop maupun smartphone.



Fifa World Cup pada tahun 2018 ini hanya dapat ditayangkan oleh satu stasiun TV swasta saja yang bernama TransTV. TransTV mendapatkan kesempatan untuk menayangkan ajang bergengsi tersebut secara langsung oleh Fifa di negara tuan rumah Piala Dunia tersebut yaitu di Rusia.


BACA JUGA


Bagi anda yang mencoba melakukan streaming channel TransTV di internet mungkin mengalami kendala pada saat penayangan streaming tersebut. Salah satunya adalah adanya pesan bahwa tayangan TransTV tidak dapat dinikmati hingga tanggal 15 Juli 2018, seperti pada gambar berikut.

Klik untuk memperbesar




Begitu juga bagi anda yang berlangganan TV kabel di rumah, mungkin mengalami kendala yang sama seperti diatas, dan untuk menikmatinya, anda perlu mengeluarkan biaya tambahan agar channel tersebut kembali aktif. Maka solusi dari itu semua adalah anda hanya bisa melihat tayangan Fifa World Cup 2018 hanya pada layar TV dengan menggunakan antena.

Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir, ternyata masih ada satu situs TV streaming yang masih bisa digunakan untuk menonton Piala Dunia 2018. Untuk dapat melihat acara Piala Dunia melalui smartphone android atau laptop, lakukan cara-cara berikut:

  • Buka situs http://tvbersama.com
  • Setelah anda masuk ke halaman utama situs tersebut, pilih channel TransTV.

Klik untuk memperbesar

 

  • Tunggu sejenak sampai halaman berikutnya muncul (jika halaman berikutnya tidak muncul, tekan Refresh), kemudian klik tombol Play pada TV tersebut.

Klik untuk memperbesar

 

Tayangan Fifa World Cup 2018 dapat anda nikmati dengan mudah dan santai pada HP android atau laptop kesayangan anda.

Demikianlah tutorial Cara Menonton Piala Dunia 2018 di Android yang dapat anda ikuti. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi para pengunjung sekalian.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Baca artikel menarik lainnya:



Cara Mengecek Kualitas Seluruh Komponen HP Android

DhikaDwiPradya.com – Dunia ponsel kini semakin marak dengan hadirnya para pendatang baru yang menjadi kompetitor para raksasa teknologi dunia. Beragam fitur ditawarkan oleh produk-produk smartphone baru tersebut dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan merk ternama. Sebagian dari kita mungkin memilih alternatif lain agar dapat memiliki smartphone branded dengan harga yang murah, yaitu...

DhikaDwiPradya.com – Dunia ponsel kini semakin marak dengan hadirnya para pendatang baru yang menjadi kompetitor para raksasa teknologi dunia. Beragam fitur ditawarkan oleh produk-produk smartphone baru tersebut dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan merk ternama.

Sebagian dari kita mungkin memilih alternatif lain agar dapat memiliki smartphone branded dengan harga yang murah, yaitu dengan cara membeli ponsel second/bekas. Hanya saja yang namanya ponsel bekas, tentunya banyak kemungkinan minus yang akan ditemukan nantinya. Bagi para master smartphone atau seorang teknisi HP, hal yang menjadi kekhawatiran tersebut tentunya bukan lagi menjadi masalah karena mereka akan dengan sangat mudah mengecek kualitas dari ponsel second tersebut dengan keahliannya. Akan tetapi, bagi kita yang masih sangat awam tentang dunia reparasi ponsel, bisa jadi akan merasa sangat dirugikan bilamana ponsel second yang sudah dibeli ternyata dikemudian hari mengalami masalah teknis seperti hardware yang rusak dan lain sebagainya.



Lalu, bagaimanakah cara kita mengecek kualitas sebuah HP android bekas yang sudah kita beli? Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini anda akan disajikan tentang cara mengecek seluruh komponen HP android secara detail. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah download aplikasi Phone Doctor Plus di Play Store, atau klik link berikut:

Download Play Store




  • Install, kemudian jalankan aplikasinya.
  • Anda akan masuk ke halaman utama dari aplikasi Phone Doctor Plus. Pada halaman utama tersebut terdapat beberapa opsi pengecekkan yang dapat anda pilih.

Klik untuk memperbesar

 

  • Pilih salah satu opsi pengecekkan, kemudian perhatikan jumlah bintangnya. Semakin sedikit jumlah bintangnya, maka potensi kerusakan atau masalah yang dimiliki ponsel tersebut juga semakin tinggi. Jika jumlah bintangnya penuh, maka ponsel dalam keadaan prima.

Klik untuk memperbesar


BACA JUGA


  • Jika anda sudah mengecek semua opsi pengecekkan, selanjutnya klik icon bergambar tanda Checklist di bagian atas. Perhatikan gambar di bawah ini.

Klik untuk memperbesar

 

  • Pada menu Checlist tersebut terdapat empat kelompok komponen hardware ponsel diantaranya adalah Outer Hardware, Sensors, Inner Hardware dan Semuanya dapat anda cek satu persatu dengan mengikuti instruksi pengecekkan yang sudah tersedia. Berikut ini adalah contoh jika anda memilih opsi Multitouch.

Klik untuk memperbesar

 

  • Jika anda sudah menyelesaikan sebuah opsi pengecekkan, maka akan ditandai dengan sebuah ceklis berwarna hijau pada bagian bawah opsi tersebut.

Klik untuk memperbesar

Silahkan selesaikan seluruh opsi pengecekkan agar anda mengetahui secara detail kondisi ponsel android tersebut.

  • Selanjutnya, jika anda sudah menyelesaikan semua opsi pada salah satu kelompok komponen hardware, maka pada halaman utama dapat dilihat tanda ceklis hijau yang menandakan pengecekkan sudah dilakukan.

Klik untuk memperbesar

Semakin banyak ceklis hijau, maka sudah bisa dipastikan kondisi HP android second tersebut masih sangat baik, dan anda pun bisa dengan aman menggunakan ponsel tersebut untuk waktu yang lama.

Demikianlah tutorial Cara Mengecek Kualitas Seluruh Komponen HP Android yang dapat disajkan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi para pengunjung sekalian.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Baca artikel menarik lainnya:



Cara Membuat HP Android Menjadi CCTV

DhikaDwiPradya.com – Keamanan sebuah negeri, kota maupun lingkungan tempat tinggal adalah suatu yang sangat diinginkan dan diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena hanya dengan rasa aman lah kita dapat melakukan segala aktivitas seperti beribadah, bekerja, berolahraga bahkan bermain menjadi lebih tenang. Salah satu solusi keamanan yang memang sudah cukup terbukti efektif adalah dengan pemasangan...

DhikaDwiPradya.com – Keamanan sebuah negeri, kota maupun lingkungan tempat tinggal adalah suatu yang sangat diinginkan dan diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena hanya dengan rasa aman lah kita dapat melakukan segala aktivitas seperti beribadah, bekerja, berolahraga bahkan bermain menjadi lebih tenang.



Salah satu solusi keamanan yang memang sudah cukup terbukti efektif adalah dengan pemasangan CCTV di area-area yang rawan terjadinya tindak kejahatan termasuk di area pekarangan rumah. Hanya saja bagi sebagian orang, pengadaan perangkat CCTV tersebut menjadi hal yang cukup memberatkan dikarenakan biaya pengadaannya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tapi kini anda tidak perlu khawatir lagi karena anda pun bisa memasang CCTV di rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal, yaitu hanya dengan menggunakan HP android yang anda miliki.


BACA JUGA


Pada tutorial kali ini, kita akan belajar cara membuat CCTV yang dapat di akses secara online dimanapun anda berada dengan menggunakan HP android. Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Dua buah HP Android (HP pertama berfungsi sebagai viewer/monitor CCTV sedangkan HP kedua berfungsi sebagai kamera CCTV).
  • Aplikasi android yang bernama ALFRED. Berikut link download aplikasinya:

Dowload Play Store




Langkah-langkah cara pembuatan CCTV pada HP android sebagai berikut:

  • Pasang aplikasi Alfred yang telah di download pada kedua HP android anda, kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman awal, anda akan diminta untuk memasukkan email dengan menggunakan akun Google. Silahkan login dengan akun Gmail yang anda miliki pada kedua HP android dengan mengklik tombol “Masuk dengan Google”. Email pada HP pertama dan kedua haruslah sama.

Klik untuk memperbesar

  • Pengaturan tampilan standar pada saat login di HP pertama adalah sebagai viewer. Silahkan tunggu sampai gambar CCTV tampil setelah HP kedua login.

Klik untuk memperbesar

 

  • Lakukan cara yang sama untuk login dengan akun Gmail seperti pada HP pertama, kemudian tunggu sampai notifikasinya berubah menjadi online yang ditandai dengan warna hijau.

Klik untuk memperbesar

 

  • Setelah HP android kedua tersebut sudah berhasil login, maka tampilan pada HP pertama pun kini sudah berubah. Selanjutnya silahkan anda klik kamera yang muncul tersebut seperti pada gambar.

Klik untuk memperbesar

Pada contoh tampilan monitor CCTV di atas, kamera CCTV yang digunakan bernama ASUS_Z017DB, karena saya menggunakan HP ASUS pada instalasi aplikasi Alfred. Nama tersebut akan berubah sesuai perangkat HP android yang anda gunakan.

  • Langkah terakhir, silahkan anda tempatkan HP kedua (kamera CCTV) ditempat-tempat yang anda inginkan untuk memonitor dan merekam segala aktivitas yang terjadi pada rumah anda.

Klik untuk memperbesar

Berikut ini adalah keterangan pada gambar di atas:

  • Nomor 1 adalah tombol PTT (Push To Talk). Tekan dan tahan tombol ini untuk melakukan transmit/roger ke HP kedua seperti layaknya radio HT.
  • Nomor 2 adalah tombol perekam video. Tekan dan tahan tombol ini untuk merekam gambar yang diambil pada kamera CCTV (HP kedua).
  • Nomor 3 untuk merubah tampilan layar menjadi landscape atau portrait.
  • Nomor 4 untuk merubah penggunaan kamera front atau back.
  • Nomor 5 untuk menghidupkan senter pada kamera CCTV (HP kedua).
  • Nomor 6 untuk menggunakan mode malam.

Demikianlah tutorial Cara Membuat HP Android Menjadi CCTV yang dapat saya sajkan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi para pengunjung sekalian.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Artikel Terkait:

Cara Melihat CCTV Online Melalui HP Android

dhikadwipradya.com

Selengkapnya

 

Cara Melihat CCTV Online Melalui Komputer

dhikadwipradya.com

Selengkapnya

 

Baca artikel menarik lainnya:



Subscribe to RSS Feed
Other Related Blogs

Link to Category: Computer Blogs


Or if you prefer use one of our linkware images? Click here