Blogging Fusion » Blog Details for D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet

Blogging Fusion is ranked as one of the oldest and strongest directories online!




Follow Us


Available Upgrade Detected
If you are the owner of D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet, or someone who enjoys this blog why not upgrade it to a Featured Listing or Permanent Listing?.

UPGRADE

SHARE THIS PAGE ON:
Blog Details
Blog Directory ID: 35753 Get VIP Status?
: Report Blog Listing This is a free listing which requires a link back!
Google Pagerank: 1
Blog Description:

Website ini menyediakan beragam Tutorial Komputer dan Internet yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalam mencari informasi mengenai permasalahan seputar teknologi.
Blog Added: April 11, 2018 07:20:32 AM
Audience Rating: General Audience
Blog Platform: WordPress
Blog Country: Indonesia   Indonesia
Blog Stats
Total Visits: 440
Blog Rating: 0.00
Add the ReviewMe Button Or SEO Rank to your Blog!
Review D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet at Blogging Fusion Blog Directory
My Blogging Fusion Score

Featured Resources

Example Ad for D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet

This what your D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet Blog Ad will look like to visitors! Of course you will want to use keywords and ad targeting to get the most out of your ad campaign! So purchase an ad space today before there all gone!

https://www.bloggingfusion.com
notice: Total Ad Spaces Available: (2) ad spaces remaining of (2)

Advertise in this blog listing?

Blog specific ad placement
Customize the title link
Place a detailed description
It appears here within the content
Approved within 24 hours!
100% Satisfaction
If not completely satisfied, you'll receive 3 months absolutely free;
No questions asked!
Buy Now!
Alexa Web Ranking: 3,430,340

Alexa Ranking - D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet
Subscribe to D-Tutorial - Website Tutorial Pintar Komputer dan Internet
Subscribe Now!
Cara Merubah Video Menjadi GIF di Android

DhikaDwiPradya.com – Media informasi yang menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah informasi itu sampai kepada yang dituju adalah yang paling mudah diterima dan dijangkau oleh banyak kalangan pada masa sekarang ini, contohnya seperti media informasi dalam bentuk digital semacam cuplikan video atau animasi, gambar bergerak dan lain sebagainya. Karena tampilan pesan dari gambar bergerak lebih...

DhikaDwiPradya.com – Media informasi yang menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah informasi itu sampai kepada yang dituju adalah yang paling mudah diterima dan dijangkau oleh banyak kalangan pada masa sekarang ini, contohnya seperti media informasi dalam bentuk digital semacam cuplikan video atau animasi, gambar bergerak dan lain sebagainya. Karena tampilan pesan dari gambar bergerak lebih dapat diterima dan membuat nyaman si pembaca informasi tersebut dibandingkan dengan selembar brosur atau pamflet yang disebarkan secara konvensional yang sebagian besarnya berupa tulisan.



Hanya saja media informasi digital berupa video membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar daripada media dalam bentuk gambar. Lantas bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Salah satu caranya adalah dengan mengubah video tersebut menjadi gambar yang dapat bergerak atau yang biasa kita sebut “GIF”.

Pada pembahasan kali ini akan dipaparkan secara lengkap cara mudah merubah video menjadi GIF dengan menggunakan aplikasi pada ponsel android. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  • Langkah pertama adalah anda install terlebih dahulu aplikasi GIF Maker yang terdapat pada link berikut:

Download Play Store




  • Setelah anda install aplikasinya, buka aplikasi tersebut.
  • Ini adalah tampilan awal pada saat anda membuka aplikasi GIF Maker.

 

  • Tunggu sejenak hingga anda berada pada halaman muka aplikasi, kemudian klik CREATE NEW.

 

  • Import video yang akan dijadikan GIF dengan cara klik ikon From video.

 

  • Pilih Galeri – pilih video pada memori penyimpanan telepon anda.

 

  • Pada bagian ini anda dapat mengatur panjang durasi video sesuai kebutuhan (lihat tanda pada garis hijau), kemudian klik Apply.

 

  • Anda dapat memberikan pengaturan tambahan pada pilihan menu yang tersedia seperti pengaturan kecepatan, pencahayaan, bingkai dan lain-lain (perhatikan tanda merah), kemudian klik SAVE.

 

  • Selanjutnya pilih resolusi gambar GIF yang dibutuhkan – klik OK.

 

  • Hasil GIF yang telah anda buat tadi sudah tersimpan secara otomatis pada memori penyimpanan telepon anda.

 

  • Klik pada list GIF yang ada pada halaman GIF Maker, kemudian anda dapat menghapus, mengedit dan membagikan gambar GIF tersebut dengan cara mengklik ikon yang sudah tersedia pada halaman tersebut.

 

Berikut ini adalah hasil konversi video ke GIF yang sudah kita buat di atas:

 

Demikian tutorial Cara Merubah Video Menjadi GIF di Android. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dan para pembaca pada umumnya.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Baca artikel menarik lainnya:



Cara Merubah Word ke PDF

DhikaDwiPradya.com – Salah satu keterampilan yang seharusnya dimiliki oleh seorang karyawan pada suatu perusahaan, terlebih jika ia adalah seorang admin pada suatu bagian adalah menguasai komputer, minimal ia mahir dalam mengoperasikan aplikasi pengetikan dokumen seperti Microsoft Word. Di dalam program Microsoft Word tersedia beragam fitur yang memungkinkan seorang user membuat  sebuah dokumen dengan lebih...

DhikaDwiPradya.com – Salah satu keterampilan yang seharusnya dimiliki oleh seorang karyawan pada suatu perusahaan, terlebih jika ia adalah seorang admin pada suatu bagian adalah menguasai komputer, minimal ia mahir dalam mengoperasikan aplikasi pengetikan dokumen seperti Microsoft Word.

Di dalam program Microsoft Word tersedia beragam fitur yang memungkinkan seorang user membuat  sebuah dokumen dengan lebih maksimal. Salah satu fitur tambahan yang ada pada program Microsoft Word ini adalah Converter to PDF. Dengan fitur ini, data dokumen yang berformat Word dapat diubah menjadi format PDF tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Akan tetapi fitur ini hanya ada pada Word versi 2007 keatas.



Salah satu kelebihan yang didapat pada saat pengiriman laporan dalam bentuk PDF adalah tidak mudahnya dokumen tersebut diedit, sehingga data yang diterima dari bagian satu ke bagian yang lainnya tentunya akan tetap original.

Di dalam artikel kali ini dibahas mengenai cara merubah dokumen Word menjadi PDF dengan mudah tanpa harus memasang aplikasi tambahan pada komputer. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, jalankan program Microsoft Word yang ada pada komputer anda.
  • Buatlah sebuah dokumen baru dengan cara menekan Ctrl+N pada keyboard atau anda juga dapat membuka dokumen yang sudah anda ketik sebelumnya dengan cara menekan Ctrl+O.
  • Setelah dokumen tersebut selesai anda kerjakan simpan dokumen tersebut dengan menekan Ctrl+S.




  • Langkah selanjutnya yaitu mengubah dokumen Word tersebut menjadi PDF. Klik menu File pada bagian atas.

  • Pilih Save As.

  • Pilih Browse untuk memilih direktori penyimpanan file tersebut.

  • Klik tanda panah ke bawah pada Save as type, kemudian pilih format PDF (*.pdf).

  • Beri nama file sesuai keinginan anda kemudian klik tombol Save.

  • Sekarang anda buka file PDF yang sudah anda save tadi sesuai dengan direktori penyimpanan yang sudah anda pilih sebelumnya.
  • File PDF pun sudah siap anda gunakan.

Demikianlah tutorial lengkap tentang Cara Merubah Word ke PDF. Semoga apa yang sudah dipaparkan di atas dapat menambah pengetahuan dan memberikan manfaat bagi anda dan para pembaca pada umumnya.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Artikel Terkait:

Baca artikel menarik lainnya:



Cara Install Quran di Word

DhikaDwiPradya.com – Al-Quran adalah sebuah kitab yang diturunkan oleh Allah kepada kaum Muslimin melalui Nabi Muhammad Shallallaahu’alaihi wa sallam. Sampai saat ini perkembangan ilmu Quran sangatlah pesat, khususnya dalam bidang industri perangkat lunak (software). Tak sedikit dari para developer aplikasi Al-Quran mengembangkannya kedalam sebuah program yang mudah digunakan bagi para pengguna komputer. Sebuah program...

DhikaDwiPradya.com – Al-Quran adalah sebuah kitab yang diturunkan oleh Allah kepada kaum Muslimin melalui Nabi Muhammad Shallallaahu’alaihi wa sallam. Sampai saat ini perkembangan ilmu Quran sangatlah pesat, khususnya dalam bidang industri perangkat lunak (software). Tak sedikit dari para developer aplikasi Al-Quran mengembangkannya kedalam sebuah program yang mudah digunakan bagi para pengguna komputer.



Sebuah program pengetikan dokumen pada Sistem Operasi Windows yang bernama Microsoft Word (Ms. Word) mengembangkan sebuah aplikasi tambahan yang memudahkan kita dalam pengetikan sebuah surat atau ayat yang ada di dalam Al-Quran yang bernama “Quran In Ms Word”.

Pada aplikasi tersebut kita dapat membuat sebuah ayat Quran per kata sampai dengan per halaman, berikut beserta terjemahannya. Dan kita juga dapat memberikan ornamen-ornamen bingkai yang umumnya dipakai pada banyak Al-Quran yang dijual di toko-toko buku Islam. Seperti contoh di bawah ini.

Bagaimanakah cara memasang dan menggunakan aplikasi tersebut? Berikut ini langkah-langkah detail cara install aplikasi Quran di Word dan cara penggunaannya:

  • Yang pertama kali harus anda lakukan tentunya adalah install dahulu aplikasi Quran In Ms Word. Aplikasinya dapat anda download pada link di bawah ini:
  •  
    Quran In Word 3.0




  • Jalankan aplikasi yang telah anda download Kemudian klik OK untuk melanjutkan.

  • Pilih “All user (system-wide)” – Next.

  • Klik terus tombol Next sampai Finish.
  • Setelah aplikasi Quran tersebut terpasang, silahkan anda buka Program Microsoft Word.
  • Pilih tab menu “Al-Quranul Kariim(huruf Arab) yang berada persis di sebelah kiri menu Help pada bagian atas.
  • Anda akan dapati beberapa bagan yang terdapat pada tab menu tersebut, seperti pada yang dijunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Berikut ini adalah penjelasan detail dari penggunaan setiap bagan pada gambar di atas:

  • Pilih Nama Surat, Mulai Ayat dan Akhir Ayat pada Bagan 1.
  • Berikan ceklis pada pilihan Ayah Quran pada Bagan 3. (Ket : Pilihan ’Translation’ berfungsi untuk menyertakan terjemahan pada ayat yang dipilih. Sedangkan pilihan ‘Page’ berfungsi untuk menampilkan Quran pada satu halaman penuh).
  • Pada Bagan 4, pilih New Line dan Mark Ayah. (Ket : ‘New Line’ berfungsi agar ayat yang ditampilkan bersusun ke bawah, sedangkan ‘Mark Ayah’ berfungsi untuk menampilkan nomor ayat. Jika anda ingin menambahkan ornamen bingkai, maka pilih juga Borders).
  • Pada Bagan 5 anda dapat memilih gaya penulisan Khot Quran (Madinah/Utsmani dan Indonesia), pilih salah satunya. Kemudian pilih ukuran tulisan pada Font Size.
  • Jika semua sudah diatur seperti penjelasan di atas, klik tombol Write to Document pada Bagan 3. Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.

  • Selanjutnya perhatikan pada Bagan 2 terdapat 2 buah pilihan, yaitu ‘Browse Quran’ dan ‘Search Quran’.
  • Klik Browser Quran untuk memilih Surat Quran per ayat secara acak yang dapat juga disertai terjemahan beragam bahasa. Anda hanya perlu melakukan copy paste pada ayat dan terjemahan yang telah anda pilih.

  • Klik Search Quran untuk melakukan pencarian kata yang terdapat pada seluruh ayat-ayat yang ada pada Quran. Misalnya kita akan mencari sebuah ayat yang berisi kata [ قل ], klik opsi Root Word, kemudian klik gambar Setelah bingkai Arabic Keyboard muncul, ketik huruf Qaf dan Lam, kemudian klik tombol Done. Selanjutnya klik tombol Search. Maka anda akan melihat hasil dari pencarian kata tersebut di bagian bawahnya. Agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini!

  • Untuk bagan selanjutnya yaitu pada Bagan 6, anda dapat memasukkan kosakata yang terdapat pada suatu ayat. Silahkan klik Word by Word – pilih surat dan ayat pada Bagan 1 – Klik tombol Write to Document pada Bagan 2. Maka hasilnya seperti di bawah ini.




Dengan menggunakan tools yang ada pada Bagan 6 ini, anda bisa belajar Quran per kata dengan lebih mudah khususnya jika anda adalah seorang mahasiswa di bidang ilmu Quran.

Adapun untuk bagan yang lain/sisanya, silahkan anda coba dan pelajari serta aplikasikan sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Kini belajar Quran menjadi lebih mudah dan cepat.

Demikianlah tutorial lengkap tentang Cara Install Quran di Word yang telah diterangkan secara detail berikut beserta cara penggunaannya. Semoga apa yang sudah dipaparkan di atas dapat menambah pengetahuan dan manfaat bagi anda dan para pembaca pada umumnya.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Baca artikel menarik lainnya:



Cara Download Video Youtube

DhikaDwiPradya.com – Dalam sebuah kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, kita selalu dihadapkan kepada beragam permasalahan yang ada pada pekerjaan itu. Ketika menemukan hal tersebut, tak jarang orang langsung membuka internet untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Dan biasanya mereka mencari informasi dalam bentuk tulisan artikel yang didapat dari situs-situs pada mesin pencari Google, ataupun...

DhikaDwiPradya.com – Dalam sebuah kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, kita selalu dihadapkan kepada beragam permasalahan yang ada pada pekerjaan itu. Ketika menemukan hal tersebut, tak jarang orang langsung membuka internet untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Dan biasanya mereka mencari informasi dalam bentuk tulisan artikel yang didapat dari situs-situs pada mesin pencari Google, ataupun dalam bentuk video yang sebagian besar ada pada Youtube.



Jika konten-konten yang ada pada artikel sebuah situs itu dapat mudah di copy dan disimpan ke dalam komputer, beda halnya dengan video-video yang ada pada Youtube, yang membutuhkan proses lanjutan ketika anda ingin menyimpan video tersebut ke dalam komputer.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyimpan video Youtube ke dalam komputer. Pada pembahasan kali ini, saya sajikan beberapa cara download video Youtube yang sangat mudah, yang terangkum pada beberapa poin diantaranya:

  1. Memasang UC Browser;
  2. Memasang sebuah add-ons pada Mozilla;
  3. Melalui situs id.savefrom.net;
  4. Melalui situs y2mate.com.




Sekarang kita bahas satu persatu secara detail, dan berikut ini adalah pembahasan lengkapnya:

1. Memasang UC Browser

  • Buka UC Browser yang ada pada komputer anda. Jika belum ada, silahkan anda download pada link berikut : https://uc-browser.id.uptodown.com/windows.
  • Kemudian install terlebih dahulu programnya.
  • Setelah ada install, jalankan program UC Browser kemudian buka Youtube.
  • Pilih video yang ingin anda download.
  • Klik tombol download yang berwarna biru di sebelah kanan atas video. Anda bisa memilih kualitas video sesuai kebutuhan.

  • Setelah anda pilih kualitas videonya, selanjutnya klik tombol Download.

 

2. Memasang Add-ons pada Mozilla

  • Buka Web Browser Mozilla Firefox.
  • Pada bagian pojok kanan atas, klik tanda garis tiga kemudian pilih Add-ons.

  • Klik Extensions (1) – ketik “Easy Youtube Video Downloader” pada kolom pencarian (2) – Tekan Enter. Pehatikan gambar di bawah ini!

  • Setelah hasil pencarian muncul, pilih addons Easy Youtube Video Downloader Express.

  • Kemudian klik tombol Add to Firefox.

  • Selanjutnya klik tombol Add.

  • Selanjutnya silahkan anda buka Youtube, lalu pilih video yang ingin anda download.
  • Pada bagian bawah video terdapat dua buah tombol. Maka klik tombol DOWNLOAD AS.
  • Pilih kualitas video yang anda inginkan.

  • Pilih Save File – klik tombol OK.

  • Untuk melihat file video yang telah anda download, sekarang anda lihat pada bagian atas Mozilla. Klik tanda panah ke bawah, maka anda akan melihat file-file yang telah anda download tadi.




3. Melalui Situs id.savefrom.net

  • Buka Youtube.
  • Pilih video yang ingin anda download.
  • Copy alamat url video tersebut pada bagian atas (address bar).

  • Kunjungi link berikut : https://id.savefrom.net/.
  • Paste kan alamat url video yang telah anda copy tadi pada kolom yang sudah tersedia, kemudian klik tanda panah.
  • Anda dapat memilih terlebih dahulu kualitas video yang akan anda download tersebut, kemudian klik tombol Unduh.

 

4. Melalui Situs y2mate.com

  • Buka Youtube.
  • Pilih video yang ingin anda download.
  • Seperti biasa, copy alamat url video tersebut pada bagian atas (address bar).
  • Kunjungi link berikut : https://y2mate.com/.
  • Paste kan alamat url video yang ingin anda download ke dalam kolom yang sudah tersedia.
  • Klik tombol Start – pilih kualitas resolusi video – klik tombol Download.

Demikianlah tutorial lengkap tentang Cara Download Video Youtube. Semoga apa yang sudah dipaparkan di atas dapat menambah pengetahuan dan manfaat bagi anda dan para pembaca pada umumnya.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Baca artikel menarik lainnya:



Cara Membuat Formulir Online Dengan Google Forms

DhikaDwiPradya.com – Perkembangan dunia online pada masa sekarang ini sangatlah pesat. Berbagai badan usaha atau lembaga baik formal maupun informal sudah menyediakan fasilitas pengadaan informasi yang bisa diakses secara online, termasuk juga pendaftaran online. Fungsi daripada pendaftaran online tersebut khususnya pada lembaga pendidikan adalah untuk mempermudah akses dan pengambilan data para calon siswa atau...

DhikaDwiPradya.com – Perkembangan dunia online pada masa sekarang ini sangatlah pesat. Berbagai badan usaha atau lembaga baik formal maupun informal sudah menyediakan fasilitas pengadaan informasi yang bisa diakses secara online, termasuk juga pendaftaran online. Fungsi daripada pendaftaran online tersebut khususnya pada lembaga pendidikan adalah untuk mempermudah akses dan pengambilan data para calon siswa atau mahasiswa yang akan mendaftar.



Bagi anda yang baru mulai mendirikan sebuah badan usaha atau lembaga, tentunya hal tersebut menjadi prioritas dikarenakan jika tidak mengikuti perkembangan jaman yang serba online sekarang ini, maka sudah bisa dipastikan anda akan tertinggal.

Pada artikel kali ini dibahas mengenai cara membuat formulir online dengan Google Forms. Formulir online tersebut bisa berupa formulir pendaftaran ataupun kuesioner tergantung pada apa yang anda butuhkan. Di bawah ini adalah contoh Formulir Pendaftaran yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

  • Pertama-tama silahkan jalankan web browser yang anda miliki, kemudian masuk ke halaman berikut: https://docs.google.com/forms
  • Untuk membuat formulir baru, klik Tanda Plus. Perhatikan gambar di bawah ini!

  • Berikan Judul Formulir dan Deskripsi Formulir dengan cara mengetikkan pada kolom yang sudah tersedia.

  • Langkah selanjutnya, klik tombol Pilihan Ganda sebelah kanan kemudian pilih opsi Jawaban Singkat.

  • Selanjutnya untuk kolom pertanyaan diubah menjadi Nama Lengkap. Untuk menambahkan kolom pertanyaan berikutnya, klik tombol Duplikat seperti yang ditunjukkan oleh gambar panah seperti di bawah ini.

  • Lanjutkan cara tersebut sesuai dengan formulir yang sudah kita rancang seperti pada contoh paling atas: HP (Whatsapp); Alamat; Tanggal Lahir; dan Jenis Kelamin. Adapun untuk opsi Jenis Kelamin adalah berupa Pilihan Ganda, maka berikanlah keterangan pilihan jawaban. Perhatikan gambar di bawah ini.

  • Langkah selanjutnya, perhatikan ikon-ikon yang berada di sebelah tombol KIRIM.

  • Keterangan pada gambar di atas adalah: (1) Untuk merubah tampilan header, bisa berupa perubahan warna atau dengan menggunakan wallpaper pilihan anda; (2) Untuk melihat tampilan formulir pendaftaran Online sebelum anda kirimkan; (3) Untuk personalisasi pengaturan/setelan.
  • Sekarang anda klik ikon Setelan yang bergambar Gear, kemudian pada Tab UMUM, berikan ceklis pada keterangan “Kumpulkan alamat email. Fungsinya agar email setiap pendaftar tersimpan pada database Drive anda, yang nantinya bisa digunakan sebagai promosi selanjutnya. Selanjutnya klik tombol SIMPAN.




  • Langkah terakhir adalah pengiriman formulir pendaftaran tersebut. Klik tombol KIRIM pada bagian atas.

  • Untuk mempermudah setiap pendaftar melakukan pendaftaran pada plafon apapun, maka kirimlah formulir tersebut sebagai link/tautan.

  • Keterangan gambar di atas adalah: (1) Untuk mengirim formulir pendaftaran sebagai link/tautan; (2) Untuk menyingkat alamat url formulir; (3) Untuk menyalin link formulir pendaftaran tersebut.

Sekarang anda dapat mengetes Formulir Pendaftaran Online yang sudah anda buat. Lakukan cara berikut:

  • Copy/salin alamat url formulir, kemudian paste kan pada web browser yang anda gunakan lalu jalankan.
  • Kemudian isi lengkap data-data pada formulir pendaftaran tersebut, seteleh itu klik tombol KIRIM.
  • Maka data lengkap isian formulir tersebut sudah berhasil terkirim pada Drive anda.
  • Sekarang anda buka kembali halaman dimana formulir tersebut dibuat.
  • Pilih Tab TANGGAPAN. Pada tab menu tersebut terdapat dua buah tab yaitu RINGKASAN dan INDIVIDUAL. Pada kedua tab tersebut berisi semua data informasi para pendaftar.

 

Selanjutnya kembangkanlah pembuatan formulir online tersebut sesuai dengan data-data yang anda butuhkan.

Demikianlah tutorial Cara Membuat Formulir Online Dengan Google Forms. Semoga apa yang sudah dipaparkan di atas dapat menambah pengetahuan dan manfaat bagi anda dan para pembaca pada umumnya.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Baca artikel menarik lainnya:



Cara Riset Kata Kunci Dengan Addons “Keywords Everywhere” Pada Mozilla

DhikaDwiPradya.com – Kata kunci pada sebuah blog/web dapat menentukan nantinya web tersebut memperoleh banyak pengunjung atau tidaknya. Karena setiap pengunjung yang memerlukan sesuatu di internet biasanya akan mencari segala yang ia butuhkan pertama kali melalui mesin pencari seperti misalnya Google. Sebagai contoh, ketika anda menginginkan sebuat tas cantik, maka anda akan mengetikkan sebuah kata...

DhikaDwiPradya.com – Kata kunci pada sebuah blog/web dapat menentukan nantinya web tersebut memperoleh banyak pengunjung atau tidaknya. Karena setiap pengunjung yang memerlukan sesuatu di internet biasanya akan mencari segala yang ia butuhkan pertama kali melalui mesin pencari seperti misalnya Google. Sebagai contoh, ketika anda menginginkan sebuat tas cantik, maka anda akan mengetikkan sebuah kata kunci pada mesin pencari dengan judul “Tas Cantik”.



Bagi pemilik sebuah blog/web dalam kategori apapun tentunya hal tersebut menjadi suatu yang sangat penting agar trafik pada blog anda semakin meningkat tiap harinya. Karena merupakan hal yang percuma jika anda membuat/menjual sesuatu melalui online, akan tetapi orang-orang tidak mencarinya dan membutuhkannya. Maka dari itu diperlukan adanya riset kata kunci terlebih dahulu sebelum membuat sebuah artikel pada sebuah blog agar kata kunci yang menjadi sasaran dapat terarah secara segmented dan oriented.

Berikut ini adalah daftar situs-situs besar yang menyediakan fasilitas riset keywords/kata kunci, diantaranya adalah:

  1. https://adwords.google.com/ko/KeywordPlanner/Home
  2. https://keywordtool.io
  3. https://ubersuggest.io
  4. https://app.kwfinder.com
  5. https://kparser.com
  6. http://7search.com/scripts/advertiser/v3/externaltools/keywordsuggestions

Pada kesempatan kali ini, kita tidak membahas tentang cara meriset kata kunci sebuah blog/web dengan situs-situs di atas, akan tetapi dengan menggunakan fasilitas Addons pada Mozilla Firefox.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, silahkan anda buka Web Browser Mozilla yang sudah anda
  • Pada bagian pojok kanan atas, klik tanda garis tiga kemudian pilih Add-ons.

  • Klik Extensions (1) – ketik “Keywords Everywhere” pada kolom pencarian (2) – klik ikon kaca pembesar (3). Pehatikan gambar di bawah ini!

  • Setelah hasil pencarian muncul, pilih addons Keywords Everywhere.




  • Kemudian klik tombol Add to Firefox.
  • Selanjutnya klik tombol Add.
  • Silahkan anda masukkan email anda, kemudian klik tombol Email me API Key untuk mendapatkan API Key pada addons tersebut.

  • Sekarang buka email yang anda masukkan tadi, lalu klik url yang terdapat pada email (Email kiriman dari Akash Mansukhani).

  • Silahkan copy rangkaian API Key anda yang sudah muncul.

  • Klik ikon berlogo huruf K pada pojok kanan atas, kemudian pilih Update Settings.

  • Paste API Key anda pada kolom API Key (1) – Pilih mata uang Indonesia pada kolom Currency – klik tombol Validate.

  • Nanti akan muncul keterangan bahwa API key yang anda input itu adalah valid.

  • Setelah rangkain proses di atas sudah anda kerjakan, sekarang silahkan anda buka https://google.com
  • Ketikkan sebuah kata kunci apapun yang anda inginkan. Pada contoh di bawah ini, saya coba ketikkan kata kunci “Komputer”.

  • Perhatikan baik-baik, pada saat Google menampilkan kata kunci turunannya, di sebelah masing-masing kata kunci terdapat keterangan “500/mo – Rp1927 – 0.42”.
  • Tekan Enter pada keyboard, maka anda akan melihat hasil riset kata kunci yang telah anda ketik tadi persisi di bawah kolom pencarian.

  • Penjelasan pada gambar di atas adalah : (1) Volume pencarian kata kunci tersebut di Google per bulannya; (2) Nilai CPC yang dapat dihasilkan pada iklan Adsense; (3) Persentasi persaingan kata kunci tersebut.




Dari situ anda sudah mempunyai tolak ukur kata kunci apa yang akan anda masukkan ke dalam artikel yang ada pada blog/web anda. Saran saya, pilih kata kunci yang pencarian bulanannya mencapai ratusan ribu keatas agar potensi penjualan pada produk anda pun besar pula.

Demikian tutorial Cara Riset Kata Kunci Dengan Addons “Keywords Everywhere” Pada Mozilla. Semoga apa yang sudah dipaparkan di atas bisa menambah pengetahuan dan dapat bermanfaat untuk anda dan para pembaca pada umumnya.

Terima kasih telah berkunjung ke situs dhikadwipradya.com.



Baca artikel menarik lainnya:



Subscribe to RSS Feed
Other Related Blogs

Link to Category: Computer Blogs


Or if you prefer use one of our linkware images? Click here